Tuesday, August 15, 2017

Till we meet again (2)


Mungkin memory ini tidak akan pernah bisa mengingat saat-saat dimasa foto ini. Hanya bisa mengingat-ingat cerita dari nyokap dan melihat foto-foto gue di waktu kecil. kalau boleh mengutip lirik lagu The Upstairs, sebuah Band New Wave asal Jakarta, "Semua Terekam Tak Pernah Mati".


Masa dimana gue cuma seorang bayi yang bisanya cuma menangis ketika lapar, haus dan bahkan ketika eek sekalipun....  
Tapi dari foto ini gue bisa melihat senyum tulus dan bahagianya seorang mama dalam merawat bayi kecilnya...
Saat itu umur gue kurang lebih 4 bulan dan mama selalu bercerita, kalau saat itu mama lagi sibuk - sibuknya dengan pekerjaannya sebagai seorang PNS di salah satu Kementerian. "Umur mat 3 minggu aja udah mama bawa kekantor," ucap mama yang sering bgt diomongin. 
Lagi banyak banget yang mama kerjain saat itu, salah satunya RUU KUHP yang sudah puluhan tahun hingga saat ini masih dalam proses penyusunannya.
Mungkin sudah ketentuan Allah, Kalau jalan hidup gue harus meniti karir di dunia bahkan lingkungan yang sama ma nyokap yang awalnya gak gue suka sedikitpun.
Yap, kuliah di Fakultas Hukum bukan sama sekali cita -cita gue. Tapi karena bokap ma nyokap Sarjana Hukum, dan sama sekali gak ada kaka gue yang nerusin, so mau gak mau sepertinya dan saat itu gue gak ada pilihan lain, selain nyenengin mereka untuk ambil kuliah jurusan hukum. 
Memasuki dunia Hukum yang awalnya cuma formalitas buat nyenengin orang tua, tapi saat ini sudah menjadi bagian hidup gue yang mau gak mau gue musti nyemplung bahkan tenggelam sekalipun.
Terkadang kita gak tahu, kalo hal yang kita benci sekalipun justru jadi bagian yang terpenting bahkan terbaik sekalipun buat diri lo. Mungkin juga memang intuisi orang bokap nyokap yang akhirnya mencoba mengarahkan gue untuk jadi seperti mereka. 
Gue pun masih inget, betapa histerisnya mama tanggal 6 Desember 2009, nerima telpon dari orang Kementerian yang bilang kalo gue berhasil lolos jadi PNS. Karena awalnya, nama gue gak ada di pengumuman. Di telepon, orang itu bilang kalau gue berhasil masuk karena, ada CPNS yang lolos tes tapi memilih untuk ngundurin diri, jadinya peringkat gue dan beberapa pendaftar lainnya bisa naik.
Padahal, saat itu gue udah kerja jadi wartawan musik di sebuah majalah seni sosial. Profesi, yang mungkin juga tidak pernah terbayangkan oleh gue akan gue jalani dan saat itu gue baru merasa bahwa ini jalan hidup yang emang gue mau. Gue kerja di dunia yang emang gue cintai sejak lama, namun akhirnya gue harus memilih profesi yang ....ya bisa dikatakan gimana ya...ya gitu lah. 
Nyesel? ya jelas gak lah....karena melihat mereka senyum bangga karena anaknya mengikuti kemauan mereka itu udah lebih dari cukup, dan gue yakin jalannya akan selalu ada....  
Memang, keyakinan gue akan "jalannya selalu ada" itu memang terbukti benar. Prinsip yang selama ini gue yakini bahwa, "lakuin yang perlo lakuin, maka semua akan mengikuti dengan sendirinya" pun terbukti benar. Mungkin ini yang namanya Ridho Orang Tua ya itu Ridho Allah.
Sudah lebih dari 2 minggu, mama gak ada. Banyak banget cerita yang pengen dishare kemama seperti biasanya mama yang selalu excited buat dengerin cerita gue. Apapun, ya cerita apapun, mama akan selalu exited untuk dengerinnya. Mama pun akan selalu meluangkan waktu untuk dengerin semua cerita itu. Walaupun, terkadang justru mama yang tiba-tiba mendominasi pembicaraan, sampe gue musti ngerem dan bilang, "dengerlah dulu cerita Mat nih".
Gak jarang apa yang gue ceritain menjadi satu diskusi dan perdebatan...
Sesekali kita pun "Sepakat untuk tidak sepakat".
Tapi ya itu lah, disitu seninya dari sebuah komunikasi. Bahkan, komunikasi antara ibu dan anak sekalipun tidak selamanya berjalan mulus. selalu saja ada perbedaan pendapat. Kalau lempeng-lempeng aja ya gak asik juga....hehehehehee....
Dalam kondisi apapun, mama selalu menjadi teman diskusi yang mengasyikkan dan menyenangkan.
Dalam perjalanan hidup gue, mama juga yang selalu ngingetin gue untuk selalu punya prinsip yang benar selalu benar, dan ketika kita salah, akuin Kita salah.Tapi terkadang kita perlu mengalah, bukan berarti kalah, namun mengalah untuk membuka jalan kebaikan lainnya. 

Mama, yang selalu nunggu gue pulang kerumah, semalam apapun itu.
Mama, yang selalu nunggu gue pulang kantor, dan selalu menunggu moment untuk makan malem bareng.
sebenarnya cuma pengen ada waktu untuk ngobrol sama anaknya.... Anak Bontotnya yang udah segede gaban gini, tapi masih juga terkadang di perlakuin kayak anak kecil.


Till we meet again....

My mom, my mentor, my best friend....

Hj. Yusrida Tara, S.H., M.Hum. 




0 komentar:

Post a Comment