Tuesday, March 18, 2014

Muhammad Ghazi Ar-Rayyan Abdillah.








04 Desember 2013

“Nanti kita liat ya pak, kalau tanggal 5 Desember udah terasa mules, langsung kesini, tapi kalo gak ada rasa apa-apa ya gak perlu ke rumah sakit sih, tapi tanggal 6 mules gak mules langsung ke rumah sakit ya, karena kandungannya sudah lebih dari 40 minggu”, kata dokter Ervina. “Siap dok, nanti berarti kalau sudah ada rasa mules tanggal 5 kita langsung kabarin dokter dan langsung ke UGD ya dok.”, ujar gue. “Iya pak, semoga semuanya lancar yah, banyak jalan ya dirumah”, ucap dokter. “Iya dok, terima kasih dok, sampe ketemu tanggal 5 atau 6 ya dok”.
Masih teringat jelas, percakapan terakhir dengan dokter Ervina dari Omni Hospital Pulomas dokter kandungan yang bertanggung jawab selama proses kehamilan dan proses melahirkan Siti. Sepulang dari rumah sakit, kita langsung ke Grand Indonesia, selain untuk menghabiskan waktu sambil bawa jalan, kita juga merayakan ulang tahun Siti yang ke-26. Kita janjian sm keluarganya siti untuk langsung ketemu di GI. Cukup lama juga kita di GI, ya kita janjian di jamnya org pulang kantor, jadinya jalanan macet sekali waktu itu. sebelumnya pagi-pagi banget gue udh kekantor karena lagi ada kegiatan kantor. Udah beberapa hari gue pulang malem, dan  hari itu hari terakhir kegiatannya, jd beberapa hari sebelumnya Hectic banget rasanya. sepulang dari kantor paginya gue mampir ke toko kue untuk beli kue ulang tahun, ulang tahun pertama siti sebagai istri gue, rasanya harus di rayain sedikit gitu, ya minimal beliin kue ulang tahun...hehehehehe.....gue yakin, siti gak kepikiran kalo gue akan bawa kue, melihat kesibukan gue di kantor beberapa hari sebelumnya dan pagi itu juga gue musti kekantor dulu. 

05 Desember 2013

“Gimana, ada mules gak,” tanya gue ke stiti pagi-pagi. Gak ada, jawabnya. Kalopun ada mules ya dikit-dikit ilang, ini mah kontraksi palsu namanya, sambungnya. Jadi gak usah ke rumah sakit nih? tanya gue. “ gak usah kali yah, liat nanti aja perkembangannya gimana. akhirnya seharian itu kita dirumah aja, Siti bolak balik naek tangga untuk memacu kontraksi. Sebelumnya dokter memprediksikan bahwa siti itu akan melahirkan di tanggal 5 Desember. kita udah seneng bgt rasanya. Siti ulang tahun tanggal 4 Desember, gue ulang tahun tanggal 6 Desember, kalo jadi melahirkan di tanggal 5 kan lucu bgt, anak gue nantinya akan menjadi penengah antara  gue dan siti.hehehehehehe.....

06 Desember 013

Pagi-pagi udah bangun, buat siap-siap kerumah sakit. cek and ricek barang-barang yang perlu di bawa, mulai dari perlengkapan bayi, tas bayi, selimut bayi, baju bayi, keranjang bayi  dan barangnya siti yang gak kalah rempongnya, baju, selendeng, jaket, kemeja ina itu dan lain-lain, kayak mau pindah kontrakan aja kayakanya barang yang disiapin. jam 10, kita udah siap jalan, jam 11 kurang sampe dirumah sakit dan kita nunggu dokternya sebentar, gak lama dokternya dateng, langsung di periksa, detak jantung bagus, air ketuban cukup, dan ternyata udh ada keluar flek dan bukaan 1. Alhamdulillah, berarti gak lama lagi si kecil akan lahir. Hari itu hari jumat, jadi gue ninggalin siti sebentar untuk shalat jumat, sesampenya di rumah sakit udah ada ibu yang nemenin siti. muka cemas dan tegang udah keliatan di muka kita semua. kira-kira akan seperti apa nanti, prosesnya bagaimana, kondisi bayinya bagaimana, siti apakah kuat nanti. karena seperti yang kita ketahui, bahwa proses melahirkan itu sudah seperti proses menjemput kematian. ada beberapa kemungkinan bayinya tidak kuat dalam prosesnya, atau ibunya atau mereka berdua tidak kuat, atau juga bisa jadi mereka selamat. segala kemungkinan bisa saja terjadi. Pikiran seperti itu sudah ada di pikiran gue dari beberapa hari yang lalu. kecemasan dan kekhawatiran yang begitu luar biasa dalam hati dan pikiran gue ngebuat gue jadi gak tenang dan gak fokus dalam beraktivitas. apa lagi kalo gue di kantor dan siti dirumah, badan gue dimana pikiran gue dimana. hal tersebut juga bikin gue susah tidur, akhirnya badan agak sedikit drop beberapa hari sebelumnya. gue inget banget, hari minggu itu badan gue sebenarnya gak enak, tapi siti minta jalan-jalan2, karena gue pikiran gue udah kacau, jadinya gue mengiyakan apapun permintaan dia, karena gue takut, kalo di proses melahirkan nanti harus ada yang mengalah, gue gak sempet bahagiain siti dengan memenuhi permintaannya untuk jalan-jalan.hehehehe,,,,pikirannya udah kemana-mana saat itu.
balik ke proses melahirkan tadi, sampe jam 3 sore gak ada perkembangan, saudara pun udh ada yang dateng untuk melihat kondisi siti dan memberikan support, tapi jadi gak enak sama suster jaga di ruang bersalin, karena dr beberapa pasien, Cuma kita aja yang keluarganya bolak balik masuk dan nungguin...hahahaahaha....maaf ya suster, namanya juga keluarga besar dan jauh-jauh semua, jdnya pada mau kasih support, maklum, anak pertama...hehehehe......
jam 9 malam dokter Ervina cek kondisi siti, kontraksi makin sering, tapi belum ada perkembangan, masih pembukaan 2 malam itu, akhirnya kita putuskan untuk melakukan induksi untuk memancing dan merangsang kontraksi aagar si bayi turun dari rahim dan pembukaannya bertambah. Penderitaannya luar biasa dasyat ketika sudah memulai proses induksi. jam 1an gue baru bisa tidur malam itu, karena gak tahan ngeliat siti kontraksi. pengennnya sih nemenin sampe pagi, tapi gak mungkin karena gue harus istirhat juga. jangan sampe gue malah ngedrop nantinya. malam itu gue tidur tapi beberapa kali harus terbangun untuk ngecek kondisi siti. Siti gak bisa tidur malam itu karena kontrraksi yang dirasakan lebih intens dan lebih sakit dari sebelum-sebelumnya.
Malem itu gue ngomong sam bayi yg di dalem perut, “ Dedek, udah seharian kita disini nungguin dedek keluar, tapi dedek masih betah ya di dalem perut ibu?kalo keluar hari ini kan kita bisa samaan ulang tahunnya, ternyata dedek gak mau barengan ya sama ayah ulang tahunnya, hehehehehe”....hari itu pas gue genap 28 tahun....

07 Desember 2013

Jam 8 pagi, Dokter Ervina visit kondisi Siti, alhamdulillah sudah ada perkembangan sudah mau masuk pembukaan 4. Ketika rekam jantung juga kondisi bayinya sehat, tidak ada sinyal bahwa detak jantungnya lemah, semua berjalan dengan baik. Tidak ada sesuatu yang janggal, maka dokter tidak mau mengambil tindakan, jadi dokter masih berinisiatif agar kita sabar dulu, sambil menunggu perkembangan selanjutnya. jam 9 siti tidur karena malamnya gak tidur. kebetulan kasur sebelah juga kosong, suster berbaik hati ngasih gue tidur di kasur, karena tau gue semalem tidur di lantai dan masih ngantuk, akhirnya gue juga ketiduran. jam 3 sore alhamdulillah, udah ada perkembangan, sudah bukaan 6, tapi bayi masih di atas posisinya. jadi kita masih disuruh nunggu, semuanya juga masih bagus. sorenya karena Siti juga udah agak bosen di kamar, akhirnya kita jalan di lingkungan rumah sakit. itung-itung refresh dan latian jalan supaya bayinya turun. Jam 7 malam, dokter dateng untuk meriksa kondisi bayi dan siti, akhirnya diputuskan untuk mecahin air ketuban, karena menurut analisa dokter bayi tidak mau turun karena terhalang oleh air ketuban. akhirnya air ketuban di pecah, dan kontraksi semakin dasyat. Siti pun semakin kesakitan di buatnya, gak Cuma siti tapi semua orang yg ada disekitarnya, misal gue, dia ngebejek tangan gue kencenggggggg banget, karena nahan sakit, alhasil tangan gue pun ada bekas cakaran sedikit....heheheheh.....jam 8 sudah bukaan 8, tapi siti udah gak kuat, kondisinya pun lemah. ya wajar saja karena udh kecapean nahan kontraksi dari semalem. Gue nanya ke siti, “Gimana ?masih kuat ga?gak usah di paksa normal kalo emang udh kecapean”. Dia pun udh ngejawab gak kuat, karena bisa dibilang udah hampir 24 jam nahan kontraksi. “aku mau cesar aja gak papa kan”, tanya dia. Gue jawab, iya, kesepakatan kita kan gak usah maksain kondisi, kalo emang udh ga kuat gak perlu mempertahankan idealis harus lahiran normal. akhirnya gue sampein ke dokter kalo sitiudh gak kuat kalo diterusin, dokter sih bilang sayang banget, udh sedikit lagi. sayang, tahan sebentar lg deh yah. pas ditanya berapa lama, dokternya bilang sejam lah kira2 udh bukaan 9.  Denger kata-kata harus nunggu sejam lagi untuk 1 bukaannya, siti langsung bilang gak kuat. akhirnya di putuskan untuk cesar.  Sambil menunggu waktu, ruang operasi disiapkan, gue pun mengurus administrasi yang harus di urus oleh rumah sakit.
Waktu menunjukkan pukul 9, Siti di cek sm dokter, ternyata udh bukaan 9, tapi kita udh sepakat utk operasi, karena udah  gak ada tenaga, guejuga gak mau ambil resiko, mempertahankan supaya bisa lahiran normal, tapi ternyata gak kuat dalam prosesnya nanti, malah membahayakan keduanya. walopun dokter masih mempertahankan agar normal, akhirnya pukul 09.30 Siti masuk ruang operasi, kita sempet maaf-maafan sebelum siti masuk ruang operasi. kita gak tau kan kondisinya akan seperti apa nanti, sayangnya gue gak bisa ikut masuk ke dalem untuk ngedampingin siti dalam proses bersalinnya. jadi gue Cuma bisa duduk di luar, di ruang tunggu sama keluarga yang lain. gue sempet telpon ke nyokap ngasih tau kalo Siti akhirnya di operasi cesar, karena udh gak kuat walopun sudah bukaan 9. cukup sedih juga pas ngomong sama nyokap via telepon, disuruh sabar dan tenang menghadapi semuanya, ikhlas aja ya mat, sedangkan nyokap ngomong sambil nangis di balik telepon. Sambil nunggu, si Abang Zhali bilang, keputusan ada di tangan kita suami, orang lain Cuma bisa kasih saran dan support, jd Rachmat yang memutuskan jalan mana yang harus di ambil. Hal ini diungkapkan mungkin beliau sempat melihat komunikasi antara gue dan dokter yang dimana dokter masih mengusahakan untuk melahirkan secara normal.
Jam 10 lewat 10, suster keluar dari ruang operasi, manggil Suami dari ibu Siti, “ ya, saya suster, bagaimana?” selamat ya pak bayinya sudah lahir dengan selamat, kelaminnya laki-laki..” “Alhamdulillah ya Allah, bagaimana, suster, bayinya sehat? ibunya bagaimana?”, Tanya gue. “Sehat kata suster, ibunya juga, tapi td agak sempet mual-mual ibunya, jadinya sekarang lagi ditangani sama dokter,” kata suster. “Boleh masuk saya?”, tanya gue. Nanti ditunggu aja ya pak, bayinya sedang di bersihkan, nanti kalau sudah di bawa keluar bapak boleh liat, nanti kita ada waktu antara suster dan bapaknya dan bayinya saja ya pak sambil di jelaskan kondisinya, kata susternya sambil melangkah ke dalam ruangan. Suasana haru sangat malam itu diruang tunggu, perasaan haru, senang dan sedih bercampur jadi 1. langsung telepon nyokap untuk ngabari kalau Siti sudah lahiran, tapi belum bisa liat bayinya, jadi masih nunggu. Nyokap pas di telpon juga langsung nangis, karena terharu udh nambah lagi cucunya dari anaknya.
jam ½ 11 lewat suster keluar dengan membawa bayinya, kita sekeluarga langsung ngerubungin untuk melihat seperti apa bayinya. Suster bilang, sabar ya bapak ibu, biar ayahnya dulu yang melihat, si bayi di bawa ke dalam ruang bersalin, dan gue di kasih kesempatan untuk melihat dan memeriksa bayinya, suster juga menjelaskan seperti apa kondisi bayinya, ternyata si bayi tidak mau turun dari rahim karena terlilit tali pusar badannya. Ada di leher, di tangan , di kaki di lililit2 sama dia di dalam perut ibunya.mungkin dia masih ingin bermain di dalam perut ibunya...hhheeheheh......setelah itu gue di kasih kesempatan untuk mengadzankan si bayi. Ini pertama kalinya buat gue untuk mengadzani bayi, tentu menjadi pengalaman dan moment yang sangat berharga buat gue. selesai di adzankan gue puas-puasin ngeliatin si bayi dan mendokumentasikan dengan menggunakan HP. Suster juga berbaik hati menawarkan untuk gue menggendong dan difoto bersama. Gue perhatiin satu persatu di mukanya, idungnya, matanya, pipinya, dagunya, semuanya. udah puas baru deh gue panggil Ibu untuk ngeliat cucu laki-lakinya yang pertama gantian dengan saudara-saudara lainnya.

Muhammad Ghazi Ar-Rayyan Abdillah, anak pertama kami yang lahir pada tanggal 07 Desember 2013 dengan berjenis kelamin laki-laki, berat lahir 34.80 KG dan panjang badan 51 CM. Lahir di hari sabtu pada pukul 22.10 di rumah sakit Omni Hospital Pulomas. Sengaja kami pilih nama tersebut dengan beberapa alasan. Muhammad, sosok panutan bagi umat islam di seluruh dunia, insya allah anak ini akan menjadi panutan minimal bagi adik mereka nanti. Ghazi, yang artinya pejuang Islam, di eranya anak ini tumbuh dewasa, kita tidak akan tahu seperti apa kondisinya nanti, semoga anak ini kelak bisa berjuang bagi kehidupannya kelak di jalan Islam. Ar-Rayyan, Pintu surga bagi orang yang berpuasa, anak ini ikut berpuasa ketika dia masih dalam kandungan, insya allah kita nanti bisa berkumpul di Surga ar-Rayyan ya nak. Abdillah, anak ini akan menjadi penerus dari gari keturunan saya yang bernama Rachmat Abdillah, jaga baik-baik nama ini nak, insya allah ayah yain kamu bisa menjaga nama baik klan Abdillah.
 

Kelak jika kau nanti tumbuh dewasa, dan mungkin ada cara mendidik kami ada yang salah atau tidak berkenan dengan pola pikirmu, baca kembali tulisan ini 'nak. Kau akan mengerti apa alasan kami orang tua mu mendidikmu dengan cara kami...
love u Ghazi...